Program Percakapan Bahasa Inggris

Anda ingin berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Mungkin Anda merasa aneh jika berbicara bahasa Inggris dengan teman  Anda (sesama orang Indonesia) karena Anda takut mereka akan mengkritik kemampuan Anda, mengolok-olok Anda, atau menertawakan Anda. Jawaban sederhananya adalah mulailah dengan mengambil pelajaran atau program percakapan Bahasa Inggris (English Conversation)

Meskipun ada banyak cara untuk belajar berbicara dalam Bahasa Inggris secara otodidak, mendapatkan seorang guru yang berkualitas akan membantu Anda merasa lebih percaya diri, dan membantu Anda mengekspresikan diri di mana Anda ingin dimengerti. Percakapan Bahasa Inggris bukanlah sekedar mengetahui kosa kata, tetapi juga melibatkan trik psycho-linguistics sehingga orang-orang mendapatkan kesan yang tepat mengenai apa yang Anda katakan, Sebagai contoh, jika Anda mengatakan “I want a small coffee”, ucapan ini akan terdengar tidak tepat (kecuali Anda telah diajari untuk menggunakan intonasi yang tepat). Anda lebih baik mengatakan “I’d like a small coffee, please.”

Anda dapat mempelajari kemampuan ini secara otodidak melalui beberapa cara:

[checklist icon=”check” iconcolor=”light” circle=”yes”]
  • Sering menonton TV: Bukan hanya kata-kata yang diucapkan, tetapi dengarkanlah juga bagaimana cara mereka mengucapkannya. Bahasa bagaikan musik, jadi dengarkan perubahan nada yang mengekspresikan lebih dari kata-kata itu sendiri. Ikuti intonasinya ketika mereka mencoba untuk menjadi persuasif, sopan, marah atau senang.
  • Membaca dengan suara lantang: Temukan sebuah artikel tentang topik yang Anda sukai, bisa politik, kesehatan, ekonomi ataupun musik. Baca artikel tersebut seperti Anda memberikan siaran berita atau presentasi. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menggunakan kosa kata yang mungkin tidak sering digunakan dalam pembicaraan Anda. Anda dapat mengekspresikan diri dengan lebih jelas, sekaligus menciptakan kesan cerdas pada pembicaraan Anda.
[/checklist]

Bagaimanapun juga, langkah pertama yang terbaik bagi setiap partisipan adalah mengambil kelas percakapan Bahasa Inggris dengan guru berkualitas seperti rekan-rekan kami di English Today.

Di English Today, kami berfokus pada pembuatan kurikulum yang dirancang secara khusus bagi murid-murid atau partisipan dari segala usia dan tingkatan, yang ingin berbicara mengenai beragam subjek termasuk percakapan sehari-hari, Bahasa Inggris Bisnis, penjualan, politik, pertanian, Bahasa Inggris akademis, dan masih banyak lagi.

Lihat program percakapan Bahasa Inggris kami: Kelas Percakapan Bahasa Inggris